Kampus Terpadu Balunijuk, Gd Babel IV (0717) 422145 upt-tik@ubb.ac.id

Berita

Workshop Manajemen OJS Berorientasi Jurnal Ilmiah Terakreditasi di Lingkungan Universitas Bangka Belitung

Hotel Cordela Pangkalpinang - 29 Mei - 30 Mei 2024 Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi (UPA TIK) menyelenggarakan kegiatan Workshop Manajemen OJS Berorientasi Jurnal Ilmiah Terakreditasi di Lingkungan Universitas Bangka Belitung. Narasumber pada kegiatan workshop ini yaitu Bapak Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengelola jurnal yang ada di Universitas Bangka Belitung.

Adapun tujuan kegiatan workshop ini yaitu memberikan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal di Lingkungan Universitas Bangka Belitung agar sesuai standar akreditasi nasional, setelah itu memberikan strategi untuk pengindeksan jurnal di database internasional, serta memberikan tutorial intensif mengenai cara penggunaan Open Journal System (OJS) sebagai platform manajemen e-journal.

Karenanya penggunaan publikasi berbasis elektronik (e-journal) menjadi kewajiban bagi sebuah perguruan tinggi jika ingin dikenal oleh masyarakat internasional. Adapun salah satu yang dikenal sebagai sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal) ialah Open Journal System(OJS). OJS meliputi seluruh aspek penerbitan jurnal online, di mulai dari pembuatan website hingga tugas operasional, seperti proses submisi penullis,peer review (pengoreksian), pengeditan, publikasi,archives dan indeks jurnal. Fungsi OJS itu sendiri adalah membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, bantuan menggunakan koresponden, mengurangi biaya penerbitan jurnal, serta menyediakan akses terbuka (open access) bagi pembaca.

Pihak-pihak yang berperan sebagai user dalam OJS ialah seluruh tim redaksi jurnal yang bersangkutan. Oleh karena itu, manajemen OJS sudah barang tentu harus dipahami bersama oleh seluruh tim redaksi dalam jurnal yang ada di Universitas Bangka Belitung. Kegiatan ini diarahkan untuk dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pengelolaan jurnal yang berujung pada harapan peningkatan kualitas karya ilmiah yang dipublikasikan di dalamnya, sehingga dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang terus berkembang seiring dengan laju perkembangan manusia Indonesia

Workshop

© All Rights Reserved. upt-tik